Pria Wajib Tahu, Apakah Anda mengalami ini?

4 Penyakit Testis Yang perlu Anda ketahui

Testis adalah salah satu organ reproduksi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup pria. Di organ inilah sperma di produksi dan mampu membuahi sehingga dapat menghasilkan keturunan. Selain untuk produksi sperma testis merupakan pusat pembentukan hormon testosteron. Sehingga di harapkan Anda dapat menjaga kesehatan testis untuk mencegah terjadinya penyakit yang membahayakan.

4 Penyakit Testis Yang perlu Anda ketahui

Untuk itu wajib Anda ketahui beberapa penyakit yang biasanya menyerang organ testis. Ingat sistem reproduksi bukan hanya PENIS namun Testis Juga!

Lalu apa saja penyakit berbahaya itu, berikut kami jelaskan satu persatu. >>>>

Penyakit Kista di Sekitar Skrotum

Pria terkena kista? Iya benar sekali bukan hanya wanita pria juga berpotensi terkena kista. Kista ini muncul / tumbuh disekitar kantung kelamin (skrotum). Pria berusia di atas 4o tahun lebih rentan terkena penyakit ini. Disaat ukurannya masih kecil mungkin tidak terasa bahkan dokter tidak akan melakukan tindakan apapun, yang berbahaya itu ialah bila ukurannya sudah mulai besar. Jika sudah membesar akan terasa nyeri, sakit dan menggangu solusinya maka harus di angkat / operasi.

Caranya untuk Anda tahu ialah rabalah dengan hati – hati di area skrotum testis. Bila Anda merasa ada benjolan yang tidak wajar  dengan rasa nyeri  dan pembuluh vena terasa tegang saat di pegang segera periksakan ke medis.  Kista ini berisi cairan dan tidak memiliki warna.

Penyakit Kantong Air (Hidrokel)

Penggunaan Istilah hidrokel pertama kali di gunakan di Yunani yang memiliki arti kantong air. Hidrokel di tandai dengan adanya pembengkakan yang tidak terasa sakit.  Dari rentan usia Hidrokel primer atau alami dapat terjadi pada usia 2 tahun, sedangkan hidrokel sekunder biasa sering terjadi pada pria berusia diatas 40 tahun.  Penyakit ini sangat menyakitkan, dan biasanya terjadi karena adanya peradangan, cedera dan infeksi.

Membesarnya skrotum menjadi penyebab utama timbulnya penyakit hidrokel ini. Hal ini membuat penderita merasa testisnya berat.  Jika ukurannya sudah besar maka akan menggangu cara mengatasinya ialah memompa cairan dan mengeluarkannya. Hidrokel  biasa terjadi di testis bagian kanan.

Penyakit Orkitis

Apa itu orkitis? Orkitis ialah timbulnya radang pada testis,  biasanya muncul di satu bagian atau di kedua bagian. Penyakit ini disebabkan oleh virus dan bakteri. Bila orkitis di sebabkan oleh virus penyakit ini dapat disebabkan oleh antibiotik. Ciri yang biasa di rasakan ialah nyeri, demam dan pembengkakan. Rasa nyeri itu biasa muncul ketika melakukan kegiatan seksual, buang air atau  saat ejakulasi.

Orkitis dapat timbul akibat hubungan seksual beresiko maka di sarankan memakai kondom saat melakukan hubungan seksula.

Penyakit Torsio testis

Hati – hati keluhan ini biasanya terjadi pada remaja, tapi laki – laki dewasa juga memiliki resiko yang sama besarnya.  Gangguan ini muncul akibat adanya perkembangan yang tidak normal dari selaput yang membungkus testis (funikulus spermatikus).  Bila Anda mengalami penyakit ini testis akan mudah melintir / berputar dan berakibat menstop aliran darah ke testis.

Cara mengobati  ialah mengembalikan posisi testis dalam bentuk semula agar tidak terlalu parah. Penyebab torsio ini ialah batuk, latihan yang berlebihan, memakai celana yang ketat, dan perubahan suhu yang tiba – tiba misalnya saat berenang.

Untuk menghindari semua penyakit pria ini sebaiknya jagalah dan rawatlah dengan baik. Jangan memperlakukannya dengan tidak bijak. Baca juga cara mengatasi masalah ejakulasi dini >>>>